Film Perjuangan Kemerdekaan : ENAM DJAM DI JOGJA

 




Hai pengunjung Perpustakan Digital M. Zein, SMK Labor Binaan FKIP UNRI Pekanbaru. Nah kali ini kita posting ke film perjuangan kemerdekaan ya. Setelah para pemustaka membaca sinopsis dari film ini semoga kawan kawan pemustaka jadi ingin menonton film ENAM DJAM DI JOGJA hingga selesai. Film Perjuangan Kemerdekaan ini diharapkan mampu meningkatkan rasa cinta kita kepada tanah air, menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Jiwa Raga di Korban kan untuk satu Kata " Merdeka". Banyak yang tidak sadarkan kita sudah menikmati kebebasan dari penjajah selama 76 tahun. Sekali merdeka tetap merdeka. NKRI Harga Mati. Bagaimana ya keadaan saat saat masa perjuangan. Yuuk baca sinopsis nya sebelum filmnya di Tonton :


SINOPSIS : ENAM DJAM DI JOGJA

Setelah Yogyakarta diduduki Belanda (Desember 1948), pasukan Republik Indonesia melakukan perang gerilya. Pada suatu ketika Yogya diserbu dan bisa diduduki, walau cuma selama enam jam. "Serangan Oemoem" pada 1 Maret 1949 itu sekadar menunjukkan kepada dunia internasional, bahwa RI masih punya kekuatan, dan tidak (belum) hancur seperti dipropagandakan Belanda.

Film ini dengan sadar melukiskan peristiwa nyata terkenal dalam sejarah revolusi Indonesia itu dengan cara fiktif, karena merasa dokumen-dokumen yang ada masih belum lengkap dan takut menyinggung berbagai pihak. Yang dilukiskan adalah kerja sama antara rakyat, tentara dan pemerintah. Meski fiktif, tetapi fakta nyata menjadi acuannya. Dan kisah disuguhkan lebih dari sisi rakyat atau tentara yang berpangkat rendah. Tekanan Belanda membuat rakyat menderita dan berbagi sikap. Ada yang mendukung perjuangan tentara, ada yang menggerutu. Tentara yang memeras rakyat pun sekilas dilukiskan. Kesulitannya adalah menyatu padukan sikap, gerakan dan menegakkan disiplin semua anggota gerakan. Ada juga terselip kisah cinta.

Tidak ada tokoh yang menonjol dalam kisah, karena begitu banyak pihak yang diceritakan sedikit-sedikit, karena yang jadi tujuan memang pelukisan peristiwa itu secara global.


Nah Bagi kawan kawan pemustaka yang tertarik yuuk di Tonton Filmnya : DISINI


Atau scan QR Code berikut ini



Posting Komentar

0 Komentar